Menumbuhkan Sikap Bahasa yang Positif Terhadap Bahasa Indonesia

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
 
        Sikap positif berbahasa Indonesia adalah sikap berbahasa Indonesia yang setia dalam berbahasa dan bangga atas berbahasa Indonesia. Setia dalam berbahasa Indonesia adalah suatu sikap positif untuk selalu berpegang teguh serta selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Serta bangga berbahasa Indonesia adalah hal positif dengan merasa bangganya berbahasa Indonesia, merasa berbesar hati dan dengan gagahnya mengutamakan bahasa Indonesia daripada bahasa lainnya.


Untuk itu saya akan membuat artikel berjudul “ Menumbuhkan Sikap Bahasa yang Positif Terhadap Bahasa Indonesia” dengan tujuan untuk memberitau kepada semua orang betapa pentingnya bersikap positif dalam berbahasa.
  
Menumbuhkan Sikap Bahasa yang Positif Terhadap Bahasa Indonesia, bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama patuh menggunakan kaidah bahasa Indonesia untuk ragam tulis dan baku, tidak sebarangan mengguna­kan bahasa Indonesia, dan dapat mengangkat harga diri sebagai bangsa yang beradab dan bermartabat, seperti terukir dalam ungkapan berikut.

Contoh: 1) Selamat Dirgahayu HUT RI ke-65 tahun. Seharusnya: Dirgahayu Republik Indonesia. Atau: Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.
         
         2) Kita akan segera tinggal landas. Seharusnya: Kita akan segara lepas landas.



Tujuan lain saya dalam membuat artikel ini adalah bertambahnya wawasan kita (khususnya bagi pembaca) dan dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar.



Bahasa Indonesia adalah bahasa sehari-hari kita orang Indonesia, serta sudah lama telah diterapkan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa resmi orang Indonesia. Dan untuk saat ini mungkin bahasa Indonesia sudah banyak berubah karena perkembangan zaman. Seperti contoh banyak bermunculannya bahasa gaul yang entah darimana itu asalnya sehingga menyebar luas sehingga bahasa asli Indonesia itu sendiri semakin tergantikan.



Itu sebenarnya yang perlu kita perhatikan. Kalau terus dibiarkan bahasa-bahasa lain bermunculan, bukan tidak mungkin akan terus bermunculan bahasa-bahasa lain yang bias merusak kosa kata bahasa kita, bahasa Indonesia.

Pentingnya sikap positif terhadap bahasa nasional kita, bahasa Indonesia, mudah-mudahan cukup tergambarkan. Dengan penuh kesadaran, pahamilah bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki kedudukan dan fungsi yang menjadi pilar-pilar penopang persatuan bangsa ini. Maka dari itu, merasa membanggai, merasa mencintai, merasa memiliki, serta merasa harus bertanggung jawab dalam mempertahankan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional agar berjalan sebagaimana mestinya merupakan sikap positif terhadap bahasa nasional kita.

Mungkin itu saja artikel dari saya, mohon maaf apabila ada kesalah-kesalahan berbahasa dari saya, karena saya pun sedang belajar berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Terima kasih, Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.


 
 


2 komentar

  1. hei kawan .. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.