Penting nya Organisasi dalam Kehidupan Masyarakat

Sebelum menerangkan organisasi dalam masyarakat, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu organisasi. Menurut saya, Organisasi adalah sekumpulan orang atau manusia yang berkumpul membentuk suatu badan yang memiliki visi dan misi yang sama dan melakukan suatu kegiatan agar tujuan dapat terwujud.

Dalam organisasipun terdapat suatu pengurusan, yakni: ketua, wakil ketua, sekrearis, dan sebagainya. Ini dimaksud untuk menjamin keberlangsungan organisasi tersebut dan terlaksananya tujuan tersebut.

Contoh organisasi kemasyarakatan dengan ruang lingkup paling kecil adalah ibu-ibu PKK. Ini juga dapat dikatakan sebagai orgaisasi, karena adanya struktur kepempinan yang jelas dan tujuan yang jelas. Contoh lainnya Karang Taruna. Organisasi ini salah satu organisasi yang terjun langsung di masyarakat. Organisasi ini adalah kumpulan dari pemuda-pemudi sekitar yang dapat membentuk kegiatan-kegiatan positif untuk lingkungan mereka, misal belajar bersama, membersihkan lingkungan, mengadakan kegiatan yg berhubungan dengan olahraga.
 
Contoh Jenis Organisasi
 
1. Formal dan Informal
 
a. Organisasi formal
Organisasi formal memiliki struktur yang jelas, biasanya memiliki surat-surat untuk mendukung kinerjanya. Dan memilii anggota yang relatif lebih banyak, dibandingkan organisasi informal. Organisasi ini sangat berpengaruh pada kekuasaan, dan tanggung jawab dari divisi masing-masing.
Contoh: DPR, PSSI, POLDA, SSB, perusahaan besar, badan-badan pemerintah,         universitas, dan sebagainya.

b. Organisasi informal
Dibanding organisasi formal, organisasi informal tidak begitu terkait ikatannya dengan organisasi tersebut. Biasanya anggota organisasi ini terlibat atas dasar sukarelawan. Namun dibutuhkan pula kepimpinan yang baik dalam organisasi ini. contoh : karang taruna, ibu-ibu PKK


2. Profit dan Non-Profit
 
a. Proft
Organisasi profit adalah organisasi yang memiliki tujuan utama untuk mencari laba. Yang mana semua anggotannya ikut dalam organisasi ini mencari uang. Dalam tanda kutip untuk mencari nafkah.
Contoh: sekolah, rumah sakit, dll.

b. Non-profit
Organisasi non profit adalah organisasi yang tidak mencari keuntungan, dimiliki secara kolektif, kas berasal dari donator. Sebagian besar anggotanya mengikuti karena adanya rasa ingin menolong sesama.
Contoh: PMI dan organisasi di bidang keagamaan.

Ciri-Ciri Organisasi yang Baik
  1. Memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya.
  2. Jelas keberadaan dan posisinya dalam masyarakat.
  3. Memiliki kepengurusan dan susunan manajemen yang jelas pembagian tugasnya.
  4. Mengacu pada manajemen yang sehat
  5. Mendapat tempat di hati masyarakat
  6.  
Manfaat Organisasi
1.  Mempermudah pencapaian tujuan.
2.  Mengubah pola hidup masyarakat.
3.  Membuka lapangan kerja.

 

KESIMPULAN

Berdasarkan materi yang telah dibahas, kita dapat menyimpulkan bahwa organisasi dibutuhkan dalam masyarakat. Dengan adanya organisasi suatu kegiatan dapat berjalan dengan lancar, karena adanya struktur perencanaan yang matang. Dan organisasipun dapat menjadi wadah masyarakt untuk menuangkan kretifitasnya.
 

1 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.